SELAMAT DATANG

IN SERVICE LEARNING (ISL) KE-4 PERANCANGAN PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN DAN POLA GEOMETRI

 


Pak Saiful selaku MC

Perencanaan dalam mempersiapkan pembelajaran di kelas bagi seorang guru adalah suatu kegiatan rutin, agar pembelajaran suasananya dapat hidup dan lancar. Pada pertemuan In Service Learning(ISL) ke-4 MGMP Kendal Jawa Tengah 0007/ MGMP Matematika MTs Kendal 2, yang berlangsung pada hari Selasa, 19 September 2023 di Lab Komputer MAN Kendal, dengan materi / tema Merancang Media dan Model Pembelajaran yang akan diterpkan/ praktikkan dimasing-masing madrasah. Pemberi materi pada kegiatan ini yaitu fasilitator daerah utuk mapel Matematika bapak Nur Latif Burhanudin, S.Pd.

Dalampaparannya yang pertama yaitu materi perbandingan yang diberikan dikelas 7, mungkin saat ini ada bapak/ ibu sudah ada yang mengajar dikelas 7 sudah ada sampai materi tersebut ada juga yang belum. Prasyarat dari materi perbandingan ini peserta didik sudah mempelajari bilangan rasional/ pecahan dan operasinanya. Untuk merancang pembelajaran harus tetap berpedoman pada akronim ABCD( Audiense/ peserta didik kelas 7 dengan berbagai karakter, sifat dan latar belakang.). Disin peserta didik ditempatkan sebagai subyek/ fokus dari pembelajaran, sedangkan seorang guru hanya sebagai fasilitator. Behavior adalah tingkah laku yang diharapkan oleh guru kepada peserta didik. Disini tingkah laku serta aktifitas meliputi guru dan peserta didik. Dalam menentukan tujuan pembelajaran untuk menunjukan aktifitas dari peserta didik digunakanlah kata kerja operasioal( KKO) yang dapat diukur. Condition/ Kondisi adalah keadaaan peserta didik sebelum dan setelah melakukan aktifitas pemebalajaran, serta persyaratan apa yang harus dipenuhi agar pembelajarannya berlangsung secara optimal. Degree/ derajat adalah suatu target yang harus dicapai oleh peserta didik yang ditunjukkan perilaku dalam hasil belajar.

Perancangan Pembelajaran Materi Perbandingan. Yang dipersiapkan oleh peserta pelatihan di masing-masing kelompok diantaranya menentukan tujuan pembelajaran, model pembelajaran yang akan diterapkan didalam kelas, lembar kerja peserta didik (LKPD), media yang digunakan dan assesmen.

Setelah semua kelompok berdiskudi mempersiapakan bahan ajar, maka disimulasikan terlebih dahulu didepan teman-teman guru, munkin ada masukan dan saran yanb berkaitan dengan media, strategi pembelajarannya maupun assesmen. Untuk simulasi materi perbandingan ditampilkan dua kelompok. berikut dokumentasinnya.





Diskusi masing masing kelompok Merancang Kegiatan Pembelajaran.

Berikut vidio presentasi dari kelompok 2 yang di wakili pak saiful, klik sini.

Vidio Ice breaking klik sini























Post a Comment

Lebih baru Lebih lama