Kegiatan Pembelajaran |
Waktu
(menit) |
P5,
P2RA |
|
Urutan Kegiatan Belajar
|
Pendahuluan 1. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan salam, memandu peserta didik berdo’a, presensi, dan
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. 2. Guru memberikan gambaran awal tentang bangun geometri yang
disusun yang ada kaitannya dalam kehidupan sehari-hari (menayangkan beberapa
gambar). Guru memberikan pertanyaan pancingan. “Dapatkah kalian menunjukkan
kejadian/objek lain yang ada kaitannya dengan materi gambar geometi yang
berpola?” 3. Sebagai motivasi, guru menyampaikan manfaat mempelajari gambar geometi yang berpola dalam kehidupan
seharu-hari yang ditampilkan melalui slide PPT. Misalnya, “Apa yang akan
terjadi jika mengambar/membangun dinding, pagar, atap, lantai rumah, tanpa
menggunakan konsep gambar geometri
yang berpola ? 4. Guru menyampaikan masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan
dengan menggunakan konsep gambar geometi yang berpola yang akan dipelajari
pada bab ini. 5. Guru membagi peserta didik menjadi 6 kelompok yang terdiri dari
4-5 orang, dengan cara berhitung 1 samapai 6, kemudian no yang sama berkumpul
dalam satu kelompok. 6. Setiap kelompok dibagikan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD)
berisi tentang permasalahan yang dapat membimbing peserta didik untuk dapat
memahami konsep gambar geometri yang berpola.
Inti Tahap 1: Memberikan Stimulus (pemberian rangsangan) 7. Peserta didik diminta mencoba dan mengamati aktivitas 1 8. Guru memberikan pertanyaan pembuka sebagaimana yang ada pada LKPD 9. Setiap kelompok diberikan kesempatan berdiskusi terlebih dahulu,
kemudian diminta untuk mengungkapkan pendapatnya.
Tahap 2: Problem Statement (Pernyataan/Identifikasi Masalah) 10. Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan terkait
permasalahan yang diberikan guru. Pertanyaan yang diharapkan muncul misalnya:
12 Setelah peserta didik mengajukan pertanyaan, guru mengarahkan
bahwa pertanyaan tersebut dapat terjawab setelah peserta didik mengerjakan
Aktivitas 2 pada LKPD.
Tahap 3: Data Collection (Mengumpulkan Data) 13. Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan berbagai informasi
yang dapat digunakan untuk menyelesaikan Aktivitas 2. 14. Guru berkeliling mencermati masing-masing peserta didik dalam
kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami.
Tahap 4: Data Processing (mengolah data) 15. Peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya menyelesaikan
pertanyaan-pertanyaan yang ada pada LKPD dengan tujuan menggiring peserta
didik ke arah konsep menemukan pola untuk suku ke-n. 16. Guru berkeliling mencermati dan membimbing peserta didik dalam
menyelesaikan LKPD. 17. Peserta didik menyelesaikan LKPD sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan di awal kegiatan.
Tahap 5: Verification (pembuktian) 18. Guru meminta perwakilan dari beberapa kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. 19. Peserta didik yang lain diminta untuk mengamati, memberikan
tanggapan maupun menambahkan informasi mengenai hasil diskusi yang telah
dipresentasikan. 20. Guru mengkonfirmasi jawaban peserta didik. 21. Guru memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk bertanya.
Tahap 6: Generalization (menarik kesimpulan) 22.
Dari hasil pengolahan data dan
verifikasi yang telah dilakukan, selanjutnya guru meminta peserta didik
menarik kesimpulan dari aktivitas pada LKPD.
Penutup 23.
Peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru tentang poin-poin
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi gambar geometi yang
berpola yang
baru dilakukan. 24. Guru memberikan asesmen individu untuk mengetahui kemampuan
setiap peserta didik terhadap materi hari ini. Selanjutnya meminta peserta
didik mengumpulkan asesmen tersebut. |
5
5
5
5
10
10
3
5
|
Beriman & bertaqwa kepada Tuhan YME
melalui kegiatan berdo’a
Melalui pertanyaan pancingan,
diharapkan peserta didik dapat bernalar
kritis
Melalui stimulus yang diberikan atau
kegiatan identifikasi masalah, diharapkan peserta didik dapat menerapkan
profil Pancasila bernalar kritis
Melalui kegiatan diskusi kelompok, diharapkan peserta didik dapat menerapkan Profil Pancasila bergotong royong |
Posting Komentar