SELAMAT DATANG

Praktik Baik Pembelajaran (On Service Learning) materi Pola Geometri Reasoing oleh Mukhammad Isrok

 
























Praktik On service Learning maeri Pola Geometri Reasoning dengan praktikan bapakMukhammad Isrok, S.Ag, dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 di kelas 8A MTsN 2 Kendal jam 1,2. Sebelumnanya telang dirancang skenario pembelajarannya termasuk alat dan bahan yang diperlukan. Model pembelajarannya menggunakan Discavery Learning/ Inquery Learning, yaitu peserta didik akan menemukan pola geometrinya sendiri, berdasarkan dari langkah-langkah yang ada didalam LKPD. Guru hanya membimbing perkelompok ketika peserta didik sudah tidak dapat berdiskusi dalam menyelesakan permasalahannya. Adapun bahann yang dipakai untuk praktik dianatana tusuk gigi/ batang korek api, koin logam, cup gelas dsb.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)

P5, P2RA

Urutan Kegiatan Belajar

 

Pendahuluan

1.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam, memandu peserta didik berdo’a, presensi, dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

2.       Guru memberikan gambaran awal tentang bangun geometri yang disusun yang ada kaitannya dalam kehidupan sehari-hari (menayangkan beberapa gambar).

         Guru memberikan pertanyaan pancingan.

“Dapatkah kalian menunjukkan kejadian/objek lain yang ada kaitannya dengan materi gambar geometi yang berpola?”

3.       Sebagai motivasi, guru menyampaikan manfaat mempelajari  gambar geometi yang berpola dalam kehidupan seharu-hari yang ditampilkan melalui slide PPT. Misalnya, “Apa yang akan terjadi jika mengambar/membangun dinding, pagar, atap, lantai rumah, tanpa menggunakan konsep  gambar geometri yang berpola ?

4.       Guru menyampaikan masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep gambar geometi yang berpola yang akan dipelajari pada bab ini.

5.       Guru membagi peserta didik menjadi 6 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, dengan cara berhitung 1 samapai 6, kemudian no yang sama berkumpul dalam satu kelompok.

6.       Setiap kelompok dibagikan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berisi tentang permasalahan yang dapat membimbing peserta didik untuk dapat memahami konsep gambar geometri yang berpola.

 

Inti

Tahap 1: Memberikan Stimulus (pemberian rangsangan)

7.       Peserta didik diminta mencoba dan mengamati aktivitas 1

8.       Guru memberikan pertanyaan pembuka sebagaimana yang ada pada LKPD

9.       Setiap kelompok diberikan kesempatan berdiskusi terlebih dahulu, kemudian diminta untuk mengungkapkan pendapatnya.

 

Tahap 2: Problem Statement (Pernyataan/Identifikasi Masalah)

10.   Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan terkait permasalahan yang diberikan guru. Pertanyaan yang diharapkan muncul misalnya:

*      Bagaimana cara mengetahui banyaknya batang korek api/ persegi/segitiga?

*      Bagaimana rumusnya apabila sampai n pola?

12     Setelah peserta didik mengajukan pertanyaan, guru mengarahkan bahwa pertanyaan tersebut dapat terjawab setelah peserta didik mengerjakan Aktivitas 2 pada LKPD.

 

Tahap 3: Data Collection (Mengumpulkan Data)

13.   Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan berbagai informasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan Aktivitas 2.

14.   Guru berkeliling mencermati masing-masing peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami.

 

Tahap 4: Data Processing (mengolah data)

15.   Peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang ada pada LKPD dengan tujuan menggiring peserta didik ke arah konsep menemukan pola untuk suku ke-n.

16.   Guru berkeliling mencermati dan membimbing peserta didik dalam menyelesaikan LKPD.

17.   Peserta didik menyelesaikan LKPD sesuai dengan waktu yang telah ditentukan di awal kegiatan.

 

 

Tahap 5: Verification (pembuktian)

18.   Guru meminta perwakilan dari beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.

19.   Peserta didik yang lain diminta untuk mengamati, memberikan tanggapan maupun menambahkan informasi mengenai hasil diskusi yang telah dipresentasikan.

20.   Guru mengkonfirmasi jawaban peserta didik.

21.   Guru memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk bertanya.

 

Tahap 6: Generalization (menarik kesimpulan)

22.   Dari hasil pengolahan data dan verifikasi yang telah dilakukan, selanjutnya guru meminta peserta didik menarik kesimpulan dari aktivitas pada LKPD.

 

 

Penutup

23.   Peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  gambar geometi yang berpola  yang baru dilakukan.

24.    Guru memberikan asesmen individu untuk mengetahui kemampuan setiap peserta didik terhadap materi hari ini. Selanjutnya meminta peserta didik mengumpulkan asesmen tersebut.

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

10

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 


Beriman & bertaqwa kepada Tuhan YME melalui kegiatan berdo’a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melalui pertanyaan pancingan, diharapkan peserta didik dapat bernalar kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melalui stimulus yang diberikan atau kegiatan identifikasi masalah, diharapkan peserta didik dapat menerapkan profil Pancasila bernalar kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

Melalui kegiatan diskusi kelompok, diharapkan peserta didik dapat menerapkan Profil Pancasila bergotong royong


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama